Beruntungnya Saya Memiliki Orang Tua Seperti Kalian.. #Love u always

sun flower

Membicarakan orang tua tidak pernah absen membuat saya terharu dan tak jarang pula membuat saya meneteskan air mata. Bagaimana tidak, orang tua telah banyak berkorban untuk anak- anaknya, lebih- lebih ibu yang telah bersusah payah mengandung anak- anaknya selama 9 bulan dalam letih dan lelah.

Sebagai anak terakhir dari tiga bersaudara, saya merupakan anak yang dekat dengan kedua orang tua saya. Tidak jarang saya menghabiskan waktu mengobrol hangat dengan keduanya. Tidak jarang pula saya terlibat pembicaraan dalam mendiskusikan berbagai hal dengan kedua orang tua yang sangat saya sayangi tersebut. Sungguh, saya tidak memiliki kata untuk menyatakan betapa saya sangat mencintai mereka. Kedua orang yang sangat saya cintai ketiga setelah yang pertama Allah Ta’ala kemudian Rasulullah shalallahu’alaihi wassalam.

Ketika saya masih kecil, saya teringat bagaimana saya memotong rambut di salon langganan ayah saya. Ya… bisa dibilang saya adalah satu- satunya seorang perempuan kecil yang memotong rambut di salon laki- laki. Itu memori saya yang cukup membekas di hati. Di pinggir stasiun kereta api yang tidak jauh dari rumah, ayah sepertinya tidak absen mengajak saya untuk ke sana hanya sekedar untuk memendekkan rambut. Sejak kecil memang saya cukup dekat dengan ayah, di kala kedua kakak saya lebih dekat dengan ibu, membuat saya lebih sering menghabiskan waktu bersama ayah.

flowers

Ketika saya beranjak remaja, seusia sekitar anak kelas 4 SD, saya lebih dekat dengan ibu. Rambut yang sering dipotong pendek pun akhirnya harus dibiarkan panjang karena ibu meminta saya untuk memanjangkannya ‘biar lebih keliatan feminin’ kata ibu kala itu. Meskipun, bagi anak SD seperti saya, kata feminin adalah kata yang cukup sulit dicerna, walaupun demikian saya iyakan saja permintaan ibu untuk memanjangkan rambut.

Ketika remaja, saya lebih suka menghabiskan waktu bersama teman- teman sepermainan, bermain ke sana kemari, tetapi jangan salah sangka saya tidak sangat familiar dengan pergaulan bebas yang pada masa itu sangat merebak di kota- kota berkembang seperti kota saya. Saya tidak pernah menyibukkan hari dengan menonton bioskop, bahkan yang saya lakukan hanyalah bercanda-gurau dengan gokilnya bersama teman- teman, bermain basket, mencoba mengikuti latihan self-defense sampai harus mencari sabuk di gelapnya malam di tengah kuburan, dan kegiatan- kegiatan yang sangat normal yang lainnya. Beruntungnya saya hidup di keluarga yang sangat menjunjung budaya Jawa sehingga unggah- ungguh perilaku sehari- hari masih dijunjung tinggi. Salah satunya adalah di keluarga saya yang tidak mengenal pacaran sebelum menikah dan hal- hal yang mendekati itu semua.

be grateful

Kemudian ketika saya beranjak menjadi pemudi belia, saya berbalik lagi yaitu kedekatan saya dengan orang tua lebih terjalin, meskipun dengan kawan- kawan sepermainan pun juga dekat. Saya lebih suka menghabiskan waktu dengan ibu ketika memasak di dapur, atau hanya sekedar berbincang santai sambil menikmati segelas teh hangat bersama sepiring hidangan lezat. Sedangkan, untuk mendiskusikan tentang pendidikan maupun tentang sekedar berdiskusi ringan tentang masalah politik, saya lebih sering dengan ayah saya yang notabene merupakan pengamat politik. Untuk masalah ilmu pengetahuan sosial dan sejarah nusantara, saya akui ayah saya lumayan menguasainya sehingga tidak jarang saya sering bertanya tentang tugas mengenai ilmu pengetahuan sosial dan sejarah nusantara kepada ayah saya.

Bagaimana pun saya selalu bahagia memiliki kedua orang tua saya. Bagaimana pun juga mereka tidak akan pernah tergantikan dengan siapapun. Saya mencintai mereka karena Allah Ta’ala dan saya ingin membahagiakan mereka di dunia maupun di akherat.

-Pogung Dalangan, Yogyakarta-

di sela- sela mengerjakan tugas akhir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s