Cerpen : Jangan Percaya Air Mata Bunda

flower

Dia akan menyembunyikan kesedihannya. Tidak akan kita pahami sampai kita menjadi orang tua. Dan kamu menjadi seorang ibu dari anak-anak yang akan kamu pertahankan nyawanya. Menjadi seseorang yang mungkin akan menangis dan kamu terus berbohong bahwa tangismu adalah tangis kebahagiaan.

Air mata yang melepas kepergian kita. Menuntut ilmu ke negeri seberang atau melepaskan kepergian kita menjadi miliki orang lain. Melepas kepergian kita di hari pernikahan. Air matanya itu tanda perasaan yang mungkin ia sendiri sulit untuk membahasakan. Dan kita diminta tak usah menghiraukan.

Mungkin suatu saat kita akan memahami bahwa Bunda adalah manusia yang paling rapi menyimpan rasa cintanya. Kadang perasaan itu menjelma menjadi kalimat-kalimat menyakitkan karena ia tidak tahu kata apa yang paling tepat untuk mengungkapkan kekhawatirannya. Kadang perasaan itu menjadi tindakan yang tidak bisa kita mengerti, terlalu cemas atau terlaluoverprotective. Mungkin, hanya itu cara yang ia tahu untuk mengungkapkan betapa sayangnya ia kepada kita. 

Tidak ada satu sekolah pun yang mengajarkan bagaimana cara menjadi ibunda yang baik, tidak ada yang mengajarkan bagaimana mengelola air mata itu nantinya. Tidak ada pelajaran resmi untuk mempersiapkan seorang menjadi ibunda sedemikian rupa. Semuanya adalah proses alami yang lahir dari sanubari. Naluri untuk mengasihi anak-anak jauh lebih besar daripada dirinya sendiri.

Sampai nanti pun mungkin kita akan sulit percaya bahwa air mata kebahagiaan dan kesedihan itu semakin sulit dimengerti. Karena ibunda akan selalu berkata bahwa tetes air mata itu adalah kebahagiaan dan kita akan selalu diminta untuk tidak usah memedulikannya. Sampai kelak, kita berada dalam posisi itu.

Bandung, 24 November 2014 | (c)kurniawangunadi

source: http://kurniawangunadi.tumblr.com/post/103461339232/cerpen-jangan-percaya-air-mata-bunda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s