Jika Belum Bisa Segera Menikah

 

strawberry

Jika belum bisa segera menikah maka tenanglah karena masih banyak hal bermanfaat yang bisa dilakukan. Fokus pada ilmu, memperbaiki diri, menghafal Al Qur’an, mengajarkan Al Qur’an dengan menjadi pengajar TPA, dan lain- lain. Bukankah itu luar biasa banyaknya, hal- hal bermanfaat yang bisa dilakukan? Masyaa Allah.. alhamdulillaah ‘ala kulli haal.

kapan?

Akhir- akhir ini ada salah satu pertanyaan yang sedikit mengganggu yaitu pertanyaan mengenai “kapan menikah?”. Pertanyaan yang benar- benar membuat malas untuk dijawab. Bagaimana tidak malas untuk menjawabnya, berkali- kali ditanyakan dan berkali- kali pula saya harus menjawabnya, tentunya mereka yang bertanya tidak meminta penjelasan kenapa saya sampai sekarang belum menikah, yah…mungkin hanya sekedar pertanyaan basa- basi yang sepertinya wajib ditanyakan untuk orang yang sudah lulus kuliah strata-1, malah sekarang masih melanjutkan studi di tingkat strata-2.

Untuk teman- teman yang mengalami hal yang sama seperti saya maka bersabarlah..🙂 sedangkan untuk yang sering menanyakan “kapan menikah” kepada orang- orang yang belum menikah seperti saya maka jika saya boleh memberi sedikit saran, lebih baik teman- teman –yang sering bertanya seperti ini– mendoakan semoga yang belum menikah segera didekatkan dengan jodoh yang terbaik dan bisa melangsungkan pernikahan dengan pasangan yang terbaik. Ini saya kira hal yang lebih baik dilakukan daripada tanya terus tentang pertanyaan yang sama.

Sebenarnya banyak alasan yang menghiasi seseorang kenapa belum menikah, mungkin saja karena memang dia harus menyelesaikan kuliahnya terlebih dahulu sehingga belum mendapat izin dari orang tuanya, mungkin juga karena belum bertemu dengan jodohnya, dan mungkin banyak alasan lain yang melatarbelakangi hal itu. Kita tidak mengetahui dan kita memang tidak berhak untuk bertanya terus tentang hal itu, takutnya nanti malah akan menyakiti hati, bukan?🙂

Sedangkan untuk yang belum menikah seperti saya saat ini, maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Tips ini saya peroleh dari banyak sumber dan semoga berguna untuk saya pribadi juga, yaitu:

    • Jangan bergosip ria tentang hal- hal yang berkaitan dengan lawan jenis, mengenai kesholehannya, atau betapa pandainya dia. Biar mereka sajalah yang sibuk dengan hal itu, sedangkan kita lebih baik sibuk menimba ilmu dengan mendatangi majelis ilmu, sibuk menghafalkan Al Qur’an, sibuk berbakti kepada ayah dan ibu, sibuk menjadi panitia kegiatan- kegiatan yang bermanfaat seperti kajian- kajian, atau sibuk memulai bisnis kecil-kecilan untuk masa depan. Yakinlah bahwa wanita yang baik untuk laki- laki yang baik pula dan sebaliknya, seperti yang tertulis di dalam Al-Qur’an: “Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).” (An-Nur: 23)
    • Selanjutnya melakukan jurus yang satu ini yang sering saya dengar ketika mengikuti kajian dan kebetulan sering kali ada yang tanya “bagaimana jika seseorang yang ingin menikah, tetapi belum bisa segera menunaikannya”, yaitu berpuasa. Menahan makan dan minum, kemudian berbuka, itulah nikmatnya. Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa “Orang yang berpuasa memiliki 2 kebahagiaan: kebahagiaan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-Nya kelak” (HR. Muslim, no.1151).

     single?

    Dengan mengetahui tips di atas, semoga bisa membuat hidup kita lebih tenang, tidak terusik, dan tidak terganggu akan hal- hal yang mengganggu diri, seperti pertanyaan “kapan menikah”.

    Dengan memperbanyak ibadah kepada Allah Ta’ala maka kecintaan kita kepada Allah Ta’ala pun semakin bertambah- tambah karena setiap ibadah kita tujukan hanya untuk Allah Ta’ala saja.

    Semoga kita bisa menjadi insan yang semakin baik dari hari ke hari dan jika sudah siap menikah, semoga segera didekatkan dengan jodoh terbaik. Aamiin ya, Rabb..

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s