Life Lesson

glasses

Saya jadi teringat ketika SMP, kala itu saya mulai mengalami gangguan pada mata saya yang membuat saya tidak bisa melihat dengan jelas tulisan- tulisan di papan tulis ketika duduk dari belakang. Saat itu saya tidak jujur dengan ayah saya bahwa sebenarnya saya mengalami rabun jauh atau yang biasa disebut dengan miopi. Ketidakterusterangan itulah yang akhirnya membuat saya mengalami kegagalan di beberapa ujian semester sehingga nilai rapor saya turun. Padahal kenyataannya ketika saya berterusterang kepada ayah saya, beliau sama sekali tidak marah. Ini beda dari perkiraan saya sebelumnya bahwa beliau akan marah besar ketika mengetahui anaknya yang paling kecil memakai kacamata karena kenakalan saya yang sangat sering menonton televisi pada jarak kurang dari 1 meter dan seringnya membaca buku sambil tidur. Akan tetapi, ternyata malah beliau sama sekali tidak marah, beliau malah cenderung sedih karena saya terlambat berterusterang kepada beliau. Ketika kali pertama saat itu saya dicek mata dengat alat eye test chard, ternyata saya telah menderita minus 3,5. Sungguh..angka yang fantastik untuk seukuran bocah kelas 3 SMP.

forest

Setiap elemen dalam hidup pasti ada hikmah di dalamanya. Begitu pun mozaik kecil ini dan pastinya mozaik- mozaik yang lain pun juga demikian. Konklusinya adalah siapa yang menanam itulah yang akan menuai. Ini pun nasehat untuk saya lagi.

Hal yang telah terjadi biarlah terjadi, yang bisa kita lakukan adalah tidak melakukannya lagi dan memperbaiki perilaku kita yang kurang benar dan baik. Semoga kita semua bisa menjadi insan yang lebih baik lagi. Aamiin ya, Rabb.. ^^

Leave a Reply

