Life

life

Hidup itu seperti susunan mozaik perasaan sedih, senang, bahagia, marah, kecewa, atau apapun itu.
Selama ini saya selalu bertanya-tanya, apakah saya sudah cukup melakukan hal yang terbaik untuk diri saya sendiri maupun pun untuk keluarga saya atau pun untuk orang- orang yang saya sayangi di sekitar saya. Apakah saya sudah bisa menjadi orang yang pantas untuk dianggap baik dan menjadi panutan? Tentu belum. Saya masih jauh sekali dari hal tersebut dan sampai kapanpun saya masih harus terus tetap belajar.

Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang saya simpan mengenai hidup dan tidak semua nya terjawab. Kejadian-kejadian yang terjadi selama ini dalam hidup saya membuat saya semakin belajar mengenai hidup.
Tidak semua orang tahu bagaimana dan apa yang terjadi dalam hidup kita, dan bahkan mereka pun tidak peduli dengan segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita karena mereka akan menilai berdasarkan apa yang mereka lihat dengan apa yang sudah kita lakukan.
Banyak sekali rencana yang sudah disusun sebaik mungkin agar berjalan dengan sempurna, namun sesempuna kita menyusun suatu rencana, pastinya Allah lah sebaik- baik penyusun rencana kehidupan.
Positif dalam menangapi setiap hal dalam hidup tentu merupakan cara yang bijak. Entah itu dalam hal kita menanggapi takdir kita maupun dalam menanggapi orang berlaku tidak positif kepada kita. Akhir- akhir ini saya lebih senang untuk diam kemudian makna apa yang sebenarnya si pembicara ingin sampaikan, mungkin ini perilaku yang berbeda dari saya saat duduk di strata 1. Dari diamlah, saya bisa dapat banyak pelajaran. Dengan mendengarkan orang ngomong di depan orang saat presentasi di kelas maupun hanya berbincang- bincang biasa pun bisa memberi makna pelajaran kehidupan. Banyak tipe orang di dunia ini, mungkin ini hanya bagian terkecil dari jenis sifat manusia di dunia, ada orang yang suka memperlihatkan kekayaannya saat berbicara ya mungkin agar orang lain tau bahwa dia kaya, ada pula yang suka memperlihatkan seberapa dia pintar sehingga menampilkan dari mana dia lulus, dan tipe- tipe yang lain. Tentu itu semua biasanya diselipkan dalam bentuk pragmatik.

Jadi inget nasehat yang dari  Imam Syafi’i:

(I) Jika ada orang bodoh bicara, jangan ditanggapi. Jika harus ditanggapi maka tanggapan terbaik untuknya adalah diam.
(II) Kalian tahu, macan tetap ditakuti meski sedang diam. Namun anjing akan dilempar jika terlalu banyak menggonggong.
(III) Jangan kalian sampaikan pendapat kepada orang yang tak menginginkannya; Kalian tidak akan mendapat manfaat, tidak pula pendapatmu akan berguna.

repost >> Satu hal yang saya dapat dari ini semua. Dimanapun kita menuntut ilmu, percayalah pasti akan ada suatu hal positif yang akan kita dapatkan. Ketika orang-orang meremehkan tempat kita belajar, atau menggampangkan semuanya, buktikannlah dengan prestasi yang hebat. Jadikanlah diri kita sebagai seseorang yang bisa mematahkan itu semua. Kita harus membuat diri kita bangga mendapatkan “hadiah” yang dikarenakan hasil kerja keras kita sendiri. Karena yang terpenting itu tidak hanya sekedar dimana kita menuntut ilmu, tetapi ada hal yang lebih penting dari itu semua.. Yaitu bagaimana kita menerapkan dan menggunakan ilmu yang sudah didapat agar berguna untuk masyarakat. Semua tidak berhenti disitu saja. Tetapi justru, sesuatu yang baru telah menunggu kita untuk melakukan suatu gerakan yang positif. Percayalah, sekecil apapun hal positif yang kita lakukan, akan lebih bermakna dibandingkan tidak melakukan apapun. We always have a chance to make someone proud of ourselves. Tergantung bagaimana kita mau mebuktikannya. Be strong and patient. Imagine life as a painting. Learn how to live to the fullest. That is the art of life.

Leave a Reply

