Tidak Ada yang Kebetulan

beautiful scenery

Tidak ada yang kebetulan di dunia ini.Bahkan semut yang menggigit kulit kita pun bukan suatu kebetulan tanpa kehendak Allah. Dan sebuah daun yang jatuh dari tangkainya pun tidak lepas pula dari kehendak Rabb kita. Semua berjalan karena Allah Ta’ala sudah mengaturnya sedemikian rupa dan begitu indah. Tinggal kita mampu memaknai setiap hal yang terjadi pada diri kita atau kah tidak. Memang terkadang sulit untuk memaknai setiap hal tersebut, tetapi yakinlah Allah Ta’ala pasti punya skenario yang luar biasa untuk hamba- nya dan Dia akan selalu memilihkan hal- hal yang terbaik untuk hamba-Nya, jadi kita cukup yakin saja akan itu.

Mari kita renungkan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala berikut ini: “…..Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.” ( QS. Al Baqarah: 216 ).

Ya, memang Allah Ta’ala lah yang mengetahui apa yang terbaik dan terburuk untuk kita karena pengetahuan Allah tidak terbatas, sedangkan apa yang kita ketahui amatlah terbatas. Kita hanya bisa menilai apa yang tampak, sedangkan yang tidak tampak di pelupuk mata, kita tak bisa menilainya. Begitu pun hidup kita, setiap detik kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi, bahkan untuk menebak pun kita tidak sanggup. Ketika kita punya cita cita yang sangat banyak, kita pun tidak mengetahui apakah cita- cita itu bisa kita realisasikan ataukah tidak. Walau demikian, kita pun tidak bisa hanya berpangku tangan, tidak melakukan apa- apa, dan hanya berharap bahwa akan terjadi suatu keajaiban agar apa yang kita inginkan bisa terwujud. Tentunya ini hal yang mustahil sangat. Pembalikan kata- kata tadi bermaksud untuk penyangatan bahwa tidak akan mungkin hal yang tidak kita usahakan bisa terwujud.

Banyak hal yang bisa dijadikan contoh, semisal keponakan saya yang baru belajar untuk berjalan. Dia akan berusaha untuk berjalan, walau jatuh. Ketika jatuh pun dia tidak akan menyerah, walau nantinya dia akan terjatuh lagi. Begitu pun kita, ketika kita memilki suatu impian, selayaknya kita berusaha mewujudkannya. Jika kita ingin bisa hafal Al Qur’an, seharusnya juga kita mengahafalnya dengan sungguh- sungguh. Hal ini juga tidak berbeda jika kita ingin mendpatkan beasiswa. Ya, selayaknya kita berusahanya mencarinya dan berusaha mendapatkanya. Memang dirasa sulit, tetapi ingat jika Allah Ta’ala berkehendak maka tidak ada yang tidak mungkin. Oleh karena itu kita harus menyandarkan diri  dan berserah diri kepada Allah Ta’ala. Apa yang terbaik menurut-Nya pasti terbaik untuk kita. Memang benar setiap hal atau kejadian di dunia ini tidak akan luput dari kehendak Allah Ta’ala.

2 thoughts on “Tidak Ada yang Kebetulan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s