Di sini saya belajar…

belajar

 

Mencoba belajar kembali di bangku kuliah yang sudah beberapa bulan saya tinggalkan, tepatnya pada tanggal 09 Mei 2013, saya resmi telah dinyatakan lulus tinggat Sarjana. Dan, sekarang di kota ini saya mencoba belajar kembali d tingkat yang lebih tinggi.

Betapa rencana Allah Ta’ala itu sangat indah. Dia lah yang mengatur sedemikian rupa sehingga saya bisa belajar kembali di salah satu kampus negeri di kota pelajar, ya tepat sekali di kota Yogyakarta. Betapa indah rencana Allah untuk saya, ketika teman- teman yang lain kebanyakan hanya menuntut ilmu di bangku kuliah, saya memiliki kesempatan untuk belajar agama juga. Persis sekali yang saya inginkan sejak dahulu. Di tempat ini pun saya merasakan tamparan yang begitu keras ketika saya mendapati kenyataan bahwa ilmu agama saya masih sangat jauh dari yang lain, betapa tamparan itu seolah- olah semakin keras ketika  saya mendapati diri saya ternyata telah banyak melewatkan waktu untuk kepentingan dunia saya. Oh..malangnya hari- hari saya yang lalu. Akan tetapi, seperti itu seharusnya memang tidak perlu disesali kan? karena saya menikmati itu semua, segala proses belajar di kampus S1, segala keletihan, kepayahan, dan sebagainya. Akhirnya saya mendapatkan hasilnya yaitu Alhamdulillah dapat kesempatan untuk kuliah kembali dengan Beasiswa Unggulan Dikti 2013. Itu adalah pemberian dari Allah Ta’ala, bukan semata- mata dari usaha keras saya dan keluarga. Karena meski manusia berusaha sedemikian rupa, jika Allah Ta’ala tidak berkenan maka tidak akan mungkin bisa terjadi.

Di sini Allah Ta’ala menegur saya dengan cara yang sangat santun. Dia lah Rabb yang Maha Penyayang dan Maha Pengasih. Dengan cara yang santun, Allah Ta’ala menampar saya dengan cara yang sangat lembut. Dia memperlihatkan segala hal yang mengharuskan saya membuka mata dan melihat semuanya, bahwa hidup itu tidak hanya untuk belajar ilmu dunia tetapi lebih dari itu. Hidup adalah bagaimana kita bisa belajar ilmu akherat dengan sangat bersungguh- sungguh di tengah segala macam aktivitas keduniaan yang padat.

Logika indra saya segera sadar diawal saya menapakkan diri di kota ini. Dengan dipertemukannya saya dengan orang- orang yang semangat untuk menuntut ilmu akherat di tengah aktivitas kuliah mereka, saya semakin tertegun dan merasa terdorong motivasi untuk belajar lagi, ya sungguh ingin belajar lagi. Saya ingin mendapatkan nikmatnya mendapatkan ilmu akherat juga. Saya ingin menggapai ridho-Nya. Saya ingin memperbaiki ibadah saya dan diri saya. Selain itu, saya juga ingin dapat lulus kuliah dengan predikat cumlaude seperti saat kuliah S1. Saya ingin menyeimbangkannya, meski sulit.

Bismillah, dengan ridho- Mu ya, Rabb.. Semoga hati ini bisa selalu istiqomah di jalan- Mu. Menapaki setiap hal dengan ridho-Mu.. Mendapatkan lezatnya menggegam agama-Mu. Mendapatkan kenikmatan akherat dan dunia. Aamiin..

Leave a Reply

