Mengapa Seorang Muslim Tidak Boleh Meniup Makanan dan Minuman ?

delicious food

Bismillah
Hal yang serius untuk diketahui tetapi sering kali diremehkan yaitu cara makan dan minum. Banyak orang yang kurang menghiraukan akan hal ini.
Seperti yang telah diketahui kebanyakan orang bahwa kebutuhan manusia untuk yang kesekian adalah makan dan minum. Bahkan semangat masyarakat Indonesia terlihat ketika mereka makan, kalau bertanya kenapa bisa. Mari kita lihat bersama. Kebanyakan orang Indonesia akan terlihat meneteskan banyak peluh setelah menyantap makanan.
Kalau membicarakan budaya makan bangsa kita, pasti tidak akan habis karena memang aneka ragam masakan selalu saja bisa kita temukan di setiap penjuru nusantara. Itulah salah satu kekayaan bangsa kita kan?
Nah di sini, kita tidak akan membicarakan mengenai masakan nusantara ataupun budaya bangsa sendiri mengenai makanan, tetapi lebih ke cara makan itu sendiri.

Suatu saat sempat ada teman yang menegur kalau makan atau minum untuk jangan ditiup. Dari itu, ada pertanyaan kenapa bisa itu tidak boleh. Setelah mencari- cari ternyata inilah jawabannya.

Pertama dari segi agama Islam. Hal ini didasarkan pada beberapa hadits, di antaranya dari Abu Qatadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Jika kalian minum maka janganlah bernafas dalam wadah air minumnya.” (HR. Bukhari no. 5630 dan Muslim no. 263)
Dari Ibnu Abbas, “Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang untuk bernafas atau meniup wadah air minum.” (HR. Al-Tirmidzi no. 1888 dan Abu Dawud no. 3728, dan hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani)
Juga dari hadits Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melarang untuk meniup di dalam air minum.” (HR.al-Tirmidzi no. 1887 dan beliau menyahihkannya)

Dalam Syarah Shahih Muslim, Imam Nawawi mengatakan, “Larangan bernafas dalam wadah air minum adalah termasuk etika karena dikhawatirkan hal tersebut mengotori air minum atau menimbulkan bau yang tidak enak atau dikhawatirkan ada sesuatu dari mulut dan hidung yang jatuh ke dalamnya dan hal-hal semacam itu.”

Dalam Zaadul Ma’ad IV/325 ImamIbnul Qayyim mengatakan, “Terdapat larangan meniup minuman karena hal itu menimbulkan bau yang tidak enak yang berasal dari mulut. Bau tidak enak ini bisa menyebabkan orang tidak mau meminumnya lebih-lebih jika orang yang meniup tadi bau mulutnya sedang berubah. Ringkasnya hal ini disebabkan nafas orang yang meniup itu akan bercampur dengan minuman. Oleh karena itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melarang dua hal sekaligus yaitu mengambil nafas dalam wadah air minum dan meniupnya.

delicious-drink

Yang kedua dari segi kesehatan. Ternyata banyak para ahli yang berpendapat bahwa ada banyak hikmah mengenai larangan meniup makan dan minuman. Seperti yang dilangsir dalam Kompas. Yang kesimpulannya sebagai berikut:
Sebagaimana yang diketahui bahwa air memiliki nama ilmiah H20.

Jika kita meniupnya, maka kita akan mengeluarkan gas CO2 dari dalam mulut. menurut reaksi kimia, apabila uap air bereaksi dengan karbondioksida akan membentuk senyawa asam karbonat (carbonic acid) yang bersifat asam.
H2O + CO2 => H2CO3

Perlu diketahui bahwa di dalam darah itu terdapat H2CO3 yang berguna untuk mengatur pH (tingkat keasaman) di dalam darah. Darah adalah Buffer (larutan yang dapat mempertahankan pH) dengan asam lemahnya berupa H2CO3 dan dengan basa konjugasinya berupa HCO3- sehingga darah memiliki pH sebesar 7,35 – 7,45 dengan reaksi sebagai berikut:
CO2 + H20 HCO3- + H+

Dengan adanya proses reaksi tersebut maka akan membahayakan kesehatan.
Dari sini semakin jelas hikmah dari larangan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam akan hal tersebut.
Hal ini semakin jelas bahwa setiap yang disyariatkan dan dituntunkan oleh Islam pasti mendatangkan kebaikan dan setiap yang dilarang pasti mendatangkan madharat.
Subhanallah.. Sungguh indahnya Islam.. :)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s